Pembelajaran Understanding by Design (UbD) Mendorong peserta didik memaknai pembelajaran secara mandiri melalui bukti kinerja otentik

Ni'u_07/10/24_Understanding By Design (UBD) Pembelajaran UBD adalah pembelajaran yang berpusat pada perencanaan kurikulum yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman peserta didik melalui ide atau gagasan, sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang di inginkan. Understanding by Design (UBD) atau dikenal dengan sebutan Backward Design merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dipelopori oleh tokoh pendidikan Grant Wiggins dan Jay Mc Tighe (2005).

Salah seorang Guru kelas V Rosnaningsih, S.Pd sekaligus Calon Pendidikan Profesi Guru tertentu piloting tahap 2 (PPG) ini mencoba menerapkan Pembelajaran UbD kepada peserta didiknya tentu saja dalam hal ini merupakan hal baru baginya. terlepas dari itu perencanaan pembelajaran yang relevan harus tepat seperti menentukan Capaian Pembelajaran (CP) dan Tujuan Pembelajaran (TP) sehingga dapat tercapai pembelajaran yang di inginkkan.