Survei Lingkungan Belajar (Sulinjar) Sebagai Alat Ukur Sekaligus Mengevaluasi Kualitas Pembelajaran di Lingkungan Sekolah
Ni’u, 09/10/24_Menurut Kemdikbudristek, Survei Lingkungan Belajar (Sulinjar) adalah alat ukur untuk mengevaluasi dan memetakan aspek
pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan satuan pendidikan. Sulinjar tujuanya tidak lain tidak bukan untuk mengetahui kondisi
lingkungan belajar di satuan pendidikan di mana kepala sekolah/guru bertugas, seperti
input dan output proses belajar-mengajar yang dapat berdampak pada proses dan
hasil belajar peserta didik.
Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam Sulingjar ini akan disesuaikan dengan persepsi masing-masing responden pada masing-masing jenjang di satuan pendidikan.
Berbagai pertanyaan Sulingjar tersebut akan diberikan
kepada guru dan Kepala Sekolah yang diharapkan dapat menggambarkan akurasi
gambaran umum iklim belajar dan iklim satuan pendidikan. Hasil dari survei
tersebut akan dilaporkan sebagai hasil satuan pendidikan dan tidak dilaporkan
sebagai hasil individu guru atau Kepala Sekolah.
Rahmah, S.Pd.SD selaku kepsek berharap kepada guru agar
pengisian survei ini bisa menghasilkan mutu pendidikan yang berkualitas dari
berbagai aspek yang ada disekolah. Kemudian menjadi bagian dari data profil
pendidikan dan rapor pendidikan SDN 77 Niu Kota Bima di tahun ajaran 2025 nanti
dan sebagai dasar kebijakan pemerintah daerah yang bisa menjadi gambaran
kualitas pendidikan masing-masing daerah.
Sulingjar dilaksanakan dalam beberapa tahapan. Survei untuk guru dan kepala sekolah ini dilaksanakan dalam waktu yang fleksibel, dalam waktu kurang lebih dua minggu dengan mekanisme pengerjaan secara daring tanpa pengawasan. Para guru dan Kepala Sekolah, bisa mengisi survei tersebut dari mana saja, sepanjang terdapat akses internet aktif.
Survei Lingkungan Belajar wajib diisi oleh
seluruh Kepala Satuan Pendidikan dan Guru yang terdaftar pada sistem pendataan
Dapodik dan Emis, Kepala Satuan Pendidikan dan Guru dapat login menggunakan
data yang tercetak pada kartu Login Sulingjar.
Sementara Kartu login didapatkan
dari proktor/operator pada satuan pendidikan masing-masing yang ditunjuk untuk
mengakses dan mencetak kartu login pada halaman dashboard Sulingjar.
di laman https://dashboardslb.kemdikbud.go.id/.
Lantas, kapan pelaksanaan atau jadwal dari Sulingjar 2024 ini?
Tahapan survei lingkungan belajar untuk semua jenjang dari PAUD, SD, SMP, hingga SMA/SMK ini dimulai dari awal bulan September hingga akhir Oktober 2024.
Jenjang SD/MI Sederajat
-
2 Oktober 2024: Cut Off data peserta
survei lingkungan belajar.
-
September 2024: Cetak kartu login
Sulingjar 2024.
-
9-22
Oktober 2024: Pelaksanaan survei lingkungan belajar Guru dan Kepala Sekolah
Manfaat
dan Tujuan Survei Lingkungan Belajar
Survei lingkungan belajar atau Sulingjar ini memiliki sejumlah manfaat dan tujuan yang ingin dicapai.
Berikut ini adalah manfaat dan tujuan
dari Sulingjar:
1. Manfaat Sulingjar
1.
Bagi Pemerintah Daerah/Dinas
Pendidikan/Kantor Kemenag
Pemerintah Daerah atau
Dinas dan Instansi yang bersangkutan dapat memperoleh potret atau gambaran mutu
satuan pendidikan (sekolah) di wilayahnya masing-masing. Gambaran ini pada
akhirnya bisa menjadi bahan kebijakan dalam mengevaluasi sistem pendidikan yang
diterapkan pada masing-masing satuan pendidikan di wilayah tersebut.
2. -Bagi Kepala Satuan Pendidikan (Kepala
Sekolah)
Kepala Sekolah dapat
memperoleh potret atau gambaran mutu satuan pendidikan (sekolah) secara utuh
dari input, proses dan hasil. Gambar ini dapat digunakan oleh Kepala Sekolah
untuk melakukan peningkatan hasil mutu pendidikan.
3. -Bagi Guru
Para guru dapat
mengetahui berbagai aspek pendukung suasana lingkungan belajar atau alat
pembelajaran yang lebih komprehensif, sehingga dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran yang dilakukan di sekolah.
4. -Bagi Murid
Para murid dapat
memperoleh informasi rapor dan profil satuan pendidikan atau sekolahnya
masing-masing.
Intinya,
manfaat dari Sulingjar ini bagi para Kepala Sekolah, guru, maupun siswa adalah
dapat menciptakan suasana lingkungan belajar mengajar atau proses pembelajaran
yang aman, nyaman dan menyenangkan,
2. Tujuan Sulingjar
Menjadi
alat ukur untuk mengevaluasi serta memetakan aspek pendukung kualitas
pembelajaran di lingkungan sekolah, sehingga setiap sekolah pada masing-masing
daerah dapat memfasilitasi proses belajar mengajar murid melalui beberapa hal
berikut ini:
1. - Menciptakan proses pembelajaran yang
berkualitas.
2. - Menghadirkan guru-guru yang secara konsisten
mampu melakukan refleksi dan memperbaiki
praktik pengajarannya.
3. -Kepala satuan pendidikan atau Kepala Sekolah
mampu menerapkan visi, kebijakan, dan program yang berfokus pada kualitas
pembelajaran.
4. - Menciptakan iklim satuan pendidikan yang
aman, menghargai keragaman yang inklusif.